HIMBAUAN OTORITAS JASA KEUANGAN KEPADA KONSUMEN (21 JUNI 2016)

http://www.ojk.go.id/SiteAssets/logo2.png

 

Jakarta, 21 Juni 2016 - Otoritas Jasa Keuangan menghibau agar konsumen berhati-hati dan mengabaikan penawaran dari instansi yang menjanjikan pelunasan kredit dan/atau mengajak konsumen (debitur) untuk tidak membayar utang kepada kreditor (bank atau perusahaan pembiayaan dimana konsumen memilik kewajiban kredit).
 

Alur modus dari instansi-instansi tersebut berupa instansi menjanjikan penerbitan surat jaminan pembebasan utang dikeluarkan / atas nama Presiden Republik Indonesia or lembaga internasional lainnya. Dengan surat jaminan pembebasan utang tersebut, debitur dihasut untuk tidak perlu membayar utang mereka kepada kreditor. Lalu debitur diminta untuk bergabung dan menjadi anggota instansi tersebut dan mencari debitur lainnya untuk melakukan hal yang sama.
 

Nama instansi-instansi yang perlu diwaspadai:

  1. PT Swissindo World Trust International Orbit dari Cirebon
  2. Koperasi Pandawa Mandiri Grup dari Yogyakarta
     

Apabila konsumen mendapatkan penawaran yang serupa dan mencurigakan, konsumen dianjurkan untuk terlebih dahulu berkonsultasi ke Layanan Konsumen melalui telepon 1500655 atau konsumen@ojk.go.id, atau mendatangi kantor OJK terdekat Anda.

 

 

Pengumuman resmi OJK via siaran pers dapat dilihat di sini

Penyampaian melalui media cetak Bisnis Indonesia, tanggal 21 Juni 2016, dapat dilihat di sini

 

 

Recommendation